info tentang UN, SNMPTN dan SBMPTN 2013

[UPDATE] info seputar UN (pengumuman), SNMPTN (pengumuman) dan SBMPTN

masing-masing 10 berita yaa , silakan simak baik-baik :D

UN
1. Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA, 18-22 April lalu ternyata menjadi ujian kelulusan satu-satunya. Tidak ada istilah pengulangan UN, atau tahap kedua.

2. Kalau tidak lulus, siswa bersangkutan harus setahun lagi duduk di kelas tiga.
Ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

3. Hasil UN SMA akan diumumkan pada hari Jumat, tanggal 24 Mei 2013. Sementara hasil kelulusan UN SMP sederajat pada hari Sabtu, 1 Juni 2013.

4. Mendikbud Mohammad Nuh beberapa waktu lalu menyatakan optimis pengumuman hasil kelulusan UN yang dikeluarkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud tidak tertunda.

5. Karena imbas dari molornya hal tersebut bisa menyebabkan kekacauan. “Rentetan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) juga kacau. Orang yang akan melanjutkan ke luar negeri juga akan terkena imbasnya,”katanya.

6. Dinas Pendidikan Padang akan mengumumkan hasil ujian nasional (UN) yang diikuti 13.135 siswa SMA, SMK, dan MA melalui website sekolah dan pesan singkat (SMS) pada Sabtu (25/5). Ini mengantisipasi perayaan kelulusan diwarnai coret-coret baju hingga konvoi berken­daraan ugal-ugalan.

7. "Untuk pesan singkat, kami bekerja sama dengan operator XL. Jadi, siswa dan orangtua siswa cukup mengirim SMS ke operator ini untuk mengetahui kelulusan. Setelah dikirim, beberapa saat operator akan membalas SMS tersebut dengan tulisan lulus atau tidak,” ungkap Indang didampingi Kepala UPT Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Teknologi Informasi Disdik Padang, Syuhadi, kemarin.

8. Pengumuman kelulusan ujian nasional (UN) tingkat SMA sederajat di Makassar, Sulsel dijadwalkan pada Sabtu 25 Mei 2013.

9. Sejumlah sekolah juga akan mengemumumkan hasil UN pada Jumat 24 Mei 2013. Hal tersebut sesuai jadwal yang diumumkan Kemdikbud setelah UN digelar.

10. AKBP Sabilul Alif Kasatlantas Polrestabes Surabaya pada suarasurabaya.net mengatakan, pengumuman kelulusan biasanya selalu dihiasi oleh arak-arakan dan euforia yang berlebihan tapi pada pengumuman kelulusan SMA pada 24 Mei 2013 akan diarahkan ke hal-hal yang positif. Pihaknya bekerjasama dengan Pemkot Surabaya untuk menggelar pentas seni antar sekolah yang memperebutkan Piala Walikota.

SNMPTN
1. Calon mahasiswa yang mendapatkan pilihan kedua di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebaiknya jangan mendaftar di seleksi bersama. 

2. Ketua Panitia SNMPTN 2013 Akhmaloka mengatakan, panitia memang tidak dapat melarang apabila ada siswa yang mendaftar di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Namun hal ini tidak dianjurkan apabila ada siswa yang sudah diterima di pilihan kedua SNMPTN.

3. Akhmaloka menjelaskan, apabila mereka kembali mendaftar di SBMPTN maka statusnya yang diterima di pilihan kedua SNMPTN akan dicabut. Maka jika siswa tersebut nanti tidak juga diterima di SBMPTN siswa tidak dapat menuntut masuk di pilihan keduanya kembali. “Kami anjurkan mereka tidak usah ikut. Kasihan nanti jika tidak diterima di kedua-duanya,” kata Akhmaloka kepada Koran Sindo, Rabu (22/5/2013).

4. Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu menjelaskan, permasalahan yang terjadi di SNMPTN tahun sebelumnya ialah banyak siswa sudah kadung menjatuhkan hati di pilihan pertama. Makanya mereka pun masih ingin mengikuti SBMPTN untuk mengejar pilihan pertamanya itu. Namun sangat disayangkan jika mereka menolak pilihan kedua karena mereka sudah diundang masuk PTN yang dilihat dari prestasi dan nilai rapor.

5. Diketahui, jumlah peserta SNMPTN jalur undangan ada 779.000 ribu lulusan SMA/SMK/MA. Mereka akan memperebutkan 130-150 ribu kursi PTN. Dalam memilih program studi (prodi), pendaftar diperkenankan memilih maksimal dua PTN dengan masing-masing PTN maksimal dua prodi. Sementara jumlah pendaftar SBMPTN mencapai 700 ribu dengan daya tampung 90 ribu kursi.

6. Akhmaloka menjelaskan, pengumuman SNMPTN akan digelar pada 28 Mei sedangkan SBMPTN pada 12 Juli. Alur penerimaannya sendiri dimulai ketika pendaftaran. Semua data pendaftar langsung diserahkan ke masing-masing PTN untuk dipilih.

7. "PTN kemudian menseleksi siapa saja siswa yang masuk di pilihan pertama. Selanjutnya diadakan rapat kembali antara PTN dan panitia untuk menseleksi siswa dari pilihan kedua. Data ini akan disandingkan kembali dengan hasil Ujian Nasional (UN). Jika mereka tidak lulus UN maka dia langsung di drop dari SNMPTN,” ungkap Akhmaloka

8. Sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) secara nasional seperti diatur dalam Undang-Undang (UU) Pendidikan Tinggi justru memperkecil peluang mahasiswa miskin dari berbagai daerah untuk masuk ke PTN besar di Jawa.

9. Kebijakan ini justru akan memperbesar disparitas kesempatan mahasiswa dari keluarga kaya dan menengah dengan yang miskin masuk perguruan tinggi.

10. Di Jawa misalnya, mereka yang mendaftar di UGM, ITB, UI, dan PTN lainnya 95 persen adalah calon mahasiswa di Jawa di sekitar kampus. Sedangkan yang berasal dari luar Jawa, jumlahnya sangat kecil, sehingga untuk kepentingan pemerataan dan kebangsaan menjadi tidak bagus.

SBMPTN
1. Hingga hari ke-10 pendaftaran online Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih sepi, rata-rata tiap hari hanya 150 pendaftar. Padahal sebelumnya, Panlok Surabaya menargetkan 42 ribu pendaftar.

2. Di sisi lain, belum juga ada satu pun siswa berkebutuhan khusus yang melamar di Panitia Lokal (Panlok) Surabaya. Padahal, kelima perguruan tinggi negeri (PTN) yang masuk ke dalam Panlok Surabaya, yakni Unesa, Unair, ITS, Universitas Trunojoyo Madura (UTM), dan IAIN Sunan Ampel, membuka kesempatan bagi siswa berkebutuhan khusus untuk mendaftar.

3. Panitia Lokal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Malang bakal mempelajari modus-modus yang biasa digunakan joki dalam menjalankan operasinya.

4. Ketua Panlok SBMPTN Malang Hendyat Sutopo mengaku was-was dengan terungkapnya praktik perjokian dalam penerimaan mahasiswa baru di Malang. Karena itu, pihaknya juga bakal memperketat pengawasan ujian SBMPTN pada 18-19 Juni mendatang.

5. Di antara antisipasi yang bakal dilakukan Panlok, kata Hendyat, adalah dengan memerintahkan pengawas ujian lebih teliti untuk mengawasi gerak-gerik peserta ujian. Sehingga modus-modus yang biasa digunakan bisa dikenali.

6. Bagi anda para siswa kelas 3 sma yang baru selesai menempuh ujian nasional anda bisa mulai mendaftar seleksi bersama masuk perguruan tingi negeri SBMPTN bukalah situs resmi www.ujian.sbmptn.or.id agar anda tidak menjadi korban penipuan pendaftaran online palsu. 

7. Ketua SNMTPN & SBMPTN 2013, Akhmaloka, mengatakan, untuk tahun 2013, target pendaftar SBMPTN adalah sebanyak 700.000 peserta.

8. "Kita naikkan sedikit lah. Tahun 2012 itu kan pendaftar SNMPTN Jalur tertulis mencapai 600.000 peserta. Pasti lebih tahun ini (2013,red)," kata Akhmaloka kepada Wartakotalive.com, Jumat (17/5/2013).

9. Pendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013, baru lulusan tahun 2012 dan 2011.

10. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Institut Pertanian Bogor, Yonny Koesmaryono, mengatakan, baru pendaftar lulusan tahun 2011 dan 2012, lantaran kelulusan tahun 2013 belum diumumkan.

dari berbagai sumbel oleh @yazid_abroor

0 Response to "info tentang UN, SNMPTN dan SBMPTN 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel