Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

:: Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan ::

Makanan yang biasa dijadikan lalapan ini memang cukup beraroma tidak sedap, namun banyak sekali orang yang menggemari lalapan yang satu ini. 


Jengkol merupakan jenis lalapan yang bisa juga disantap menjadi menu lainnya bagi pecinta jengkol. Manfaat jengkol bagi kesehatan memang belum banyak diketahui.

Banyak orang yang meremehkan jengkol karena jika terlalu banyak makan jengkol maka akan menimbulkan penyakit. Selain itu baunya yang menyengat membuat sebagian orang enggan untuk menyentuh jengkol karena khawatir akan membuat bau badan dan bau mulut menjadi tidak sedap.

Jengkol sebenarnya memiliki kandungan serat yang tinggi dan juga mengandung asam jengkolat, vitamin dan mineral. Jengkol juga bersifat diuretic sehingga mampu memperlancar pembuangan urine dan sangat baik bagi penderita jantung koroner.

Karena sifatnya yang sangat baik dalam membantu mengatasi masalah pencernaan, maka jengkol menduduki urutan kedua sebagai bahan pelangsing perut selain apel.

Manfaat jengkol yang lain bagi kesehatan adalah kemampuannya dalam mencegah serta mengobati penyakit diabetes. Hal ini karena jengkol memiliki kandungan asam serta mineral yang tinggi.

Namun sayangnya, asam jengkolat yang ada pada jengkol ini memiliki yang tidak mudah larut serta berbentuk Kristal sehingga menimbulkan efek negative jika mengonsumsinya secara berlebihan.

Dalam banyak kasus, asam jengkolat menyebabkan susah buang air kecil jika jengkol dikonsumsi secara berlebihan karena ginjal tidak mampu menyaring jumlah asam yang masuk karena telah melewati ambang batas yang seharusnya.

Jengkol kaya nutrisi seperti karbohidrat , vitamin A, vitamin B , protein , kalsium, fosfor , steroid , tanin , Saponin dan Glikosida . Dan tidak hanya itu kandungan vitamin C dalam jengkol dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita , dan membantu kerja enzim pada tubuh kita dan membantu respirasi selular.

Kalsium yang terkandung dalam jengkol membantu pertumbuhan tulang dari tulang dalam tubuh untuk tumbuh dan menjadi kuat .

Untuk orang dewasa kalsium sendiri untuk membantu merawat kesehatan tulang untuk menghindari kerentanan tulang atau ostioforosis. Manfaat jengkol yang lain yaitu mencegah penyakit kurang darah atau anemia.
*sumber : manfaatsehat.com

2 Responses to "Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan"

  1. Terimakasih banyak artikelnya, ternyata jengkols juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Selain jengkol mungkin masih banyak makanan lainnya yang memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Sekali lagi terimakasih atas informasi kesehatannya. Salam

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak informasinya, sangat bermanfaat, terutama bagi teman saya yg gemar dengan jengkol, dan intinya mungkin apapun yg berlebihan akan menimbulkan sesuatu, ntah itu positiv atau negativ

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel