Tips memilih kuliah jurusan pendidikan

Tips memilih kuliah jurusan pendidikan

Bu Sri Hartati, Guru PPKn SMK N 3 Salatiga

Saya adalah mahasiswa semester akhir di program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) di kampus swasta terbesar di Salatiga

  1. Langkah pertama adalah tanyalah kepada dirimu sendiri apakah menjadi seorang guru/pendidik adalah keinginanmu sendiri? Jika jawabanya iya Alhamdulillah kamu akan mudah beradaptasi saat kuliah keguruan, jika bukan keinginanmu sendiri, fikirkanlah lagi, berdiskusilah secara terbuka kepada orang-orang yang akan membantu perkuliahanmu kelak (orang tua, saudara dll)
  2. Tugas guru bukan hanya berbicara didepan kelas, tapi ada membuat kurikulum, menjadi wali kelas, mengkoresi tes dll. siapkah kamu dengan tugas yang banyak ini?
  3. Gaji guru PNS sekarang lumayan besar. Tapi gaji guru honorer sangat memprihatinkan lebih rendah dari buruh pabrik (meskipun guru PNS dan guru honorer sama2 bisa dapat sertifikasi), jadi siapkah kamu menjadi pahlawan tanpa tanda jasa?
  4. Ada berbagai jenis guru, ada guru tk, guru sd, guru smp dst tantanganya pun berbeda misal  guru TK masih menemui anak yang ngompol di kelas, Guru SMP menangani masalah remaja,
  5. Mau jadi guru apa kamu? Guru mapel apa guru kelas? kalau guru mapel, saya sarankan mapel yang pasti-pasti dan banyak dibutuhkanya, jangan sampai di masa depan mata pelajaran yang kamu ampu dihapus oleh pemerintah karena kurikulum yang berganti2
    Bu Virine Guru PPKn di SMP Stella Metutina
  6. Sekarang untuk tempat kuliah. Memang masa depan kamu yang menentukan sendiri tapi Tempat kuliah juga menentukan masa depanmu, untuk itu yang harus diperhatikan adalah:

A. akreditasi program studi. Minimal B tapi lebih baik mencari yang A. Akreditasi ini untuk mendaftar PNS
B. Perkuliahan, cari tau bagaimana perkuliahan di kampus itu, dosen2nya bagaimana, mahasiswanya banyak apa tidak, kegiatan mahasiswanya bagus apa tidak. Ada banyak kegiatan yang menunjang untuk menjadi guru yang berkualitas apa tidak?
C. Mitra Sekolah, setelah wisuda pasti maunya langsung bekerja. Nah cari tau program studi itu bermitra dengan siapa saja.

D. biaya kuliah, jangan sampai putus kuliah karena masalah biaya, siapkan sejak awal, cari tau beasiswa apa saja di kampus itu

0 Response to "Tips memilih kuliah jurusan pendidikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel